Home > Data Warehouse > Pengenalan dan Pengertian Data Warehouse

Pengenalan dan Pengertian Data Warehouse

Pada era sekarang ini, semua serba terkomputerisasi. Dari organisasi yang ruang lingkupnya besar seperti perusahaan sampai organisasi yang ruang lingkupnya kecil seperti koperasi, hampir semuanya sudah terkomputerisasi. Salah satu contoh pemanfaatan komputerisasi dalam sebuah organisasi yaitu untuk penyimpanan data dalam bentuk database.

Seiring berjalannya waktu, data dalam database dari sebuah organisasi akan semakin banyak. Akan tidak bermanfaat jika database yang sudah sedemikian besar tersebut hanya disimpan begitu saja. Akan lebih bermanfaat jika database tersebut diolah agar menghasilkan informasi yang berguna dalam menentukan kebijakan bagi para pengambil keputusan dalam sebuah organisasi. Hasil akhir pengolahan database ini biasa disebut pelaporan atau reporting untuk mengevaluasi hasil pencapaian sebelumnya dan membangun strategi untuk mendapatkan hasil pencapaian berikutnya yang lebih baik. Oleh karena itu, diperlukan sebuah teknik pengolahan database untuk dapat menggali informasi yang tersimpan dalam database tersebut. Pembuatan data warehouse merupakan salah satu solusinya.

Data warehouse digambarkan oleh Inmon (2002) sebagai kumpulan data terpilih yang sudah melalui proses ekstraksi dari suatu database untuk diambil informasinya. Dengan memanfaatkan data warehouse, suatu organisasi dapat menganalisis data yang diinginkan secara terintegrasi dan dalam rentang waktu yang ditentukan oleh para pengambil keputusan. Sebagai contoh dalam usaha mini market, manajer dapat menganalisis penghasilan terbesar pada bulan tertentu dan mengetahui barang apa saja yang laku dalam penghasilan terbesar tersebut. Sehingga manajer dapat menyusun strategi penjualan yang berbeda tiap bulannya bersesuaian dengan beberapa faktor pendukungnya.

Bagaimana? Menarik bukan? Dari database yang bersifat mati, bisa menjadi data warehouse yang bisa bicara (melalui informasinya).šŸ˜€

Bahkan lebih jauh lagi pemanfaatan dari data warehouse yaitu dapat membaca pola pembelian pelanggan! Coba bayangkan jika kita sebagai manajer sudah mengetahui apa yang akan terjadi pada bulan depan (berdasarkan pola), tentu akan dapat mempersiapkan diri untuk respon yang tepat!

Ikuti terus pembahasan mengenai data warehouse di L Blog ini. Semoga bermanfaat.šŸ™‚

Pustaka :

_______, 2013. Data Warehousing. http://www.adastracorp.com/Solutions/DataWarehousing.

Inmon, W.H., 2002. Building the Data Warehouse, Third Edition. Wiley Computer Publishing.

Ramadhan, T.I., 2013. Perancangan dan Pembuatan Data Warehouse (Studi Kasus Database Swalayan Kopma UGM). Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

  1. December 23, 2014 at 8:52 am

    Terimakasih

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: