Home > Catur > Its about Gens Una Sumus

Its about Gens Una Sumus

Gens Una Sumus!
Hanya kata itu yang pertama kali teringat ketika mendengar kata Catur. Itu adalah semboyan pecatur-pecatur di dunia yang artinya “Kita Satu Keluarga”. HEBAT BANGET YA?🙂
Sebagai pecatur ayo kita sama-sama mengembangkan permainan kita melalui postingan ini. Bagi teman-teman yang ingin berbagi ilmu atau informasi seputar catur silakan tulis.
Saya mau sharing aja  (maaf bila ada salah, wajarlah masih pemula :D) dalam permainan catur ada 3 tahapan yaitu :
1. Opening game
2. Middle game
3. Ending game

*Opening Game adalah permainan pembukaan langkah kita di awal game, opening ini menentukan untuk middle game. Jika kita ingin mendapatkan posisi yang enak untuk permainan di tengah nanti, biasanya di opening ini banyak sekali jebakan-jebakan yang bisa merugikan lawannya tapi ada juga pengorbanan pion di awal demi mendapatkan inisiatif untuk menyerang lebih awal. Opening ini ada bermacam-macam jika kita membaca buku-buku catur.
Misalnya :
1. Pembukaan Gambit Menteri
2. Pembukaan Gambit Raja
3. pembukaan Inggris
4. pembukaan Prancis
5. Pembukaan Sisilia
6. Pembukaan Hindia Raja
7. Pembukaan Dua Kuda
8. DLL… (banyak banget, lupa)

Tinggal pilih pembukaan mana yang sesuai dengan karakter kita :D!

*Middle Game adalah permainan tengah setelah opening, biasanya bangunan catur pada middle game ini ditentukan dari opening yang kita gunakan. Nah di middle inilah sebenarnya karakter kita akan terlihat, semua kreasi kita dituangkan ke dalam permainan middle ini. Ada yang bermain agresif, ada yang tipe bertahan, ada perhitungannya mantap, ada yang mudah ditipu, ada yang licik, bermacam-macamlah…
Biasanya orang sering latihan tapi tanpa menggunakan buku akan cenderung lebih kuat di middle game.

*Ending Game adalah penyelesaian permainan catur yang paling akhir. Biasanya jika permainan catur belum selesai di middle game dengan skak mat, maka akan dilanjutkan dengan adu ending, pada middle hendaknya kita mempersiapkan bangunan ending yang kuat jika kita merasa permainan tidak akan selesai di middle. Yang paling penting di ending adalah kualitas posisi, materi, dan tempo. Agar permainan ending menjadi kuat maka kita harus banyak latihan membaca tema permainan mau diarahkan ke mana gtu. Jika nanti di ending kita kalah kualitas perwira atau bidak, kita bisa menggunakan tempo sebagai senjata untuk remis/draw.

Sekian share dari saya, maaf jika ada yang salah atau tidak sependapat. Bagi teman-teman yang mau share tentang info atau pengalamannya dalam bermain catur, silakan share di komentar untuk mengembanngkan kualitas bermain kita semua.

Gens Una Sumus!

Categories: Catur
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: